Jumat, 23 November 2012

BATIK PEKALONGAN



BATIK PEKALONGAN

Keindahan Batik Pesisir

Batik Pekalongan merupakan salah satu primadona bagi pecinta batik. Apa saja sih, yang membuatnya diminati banyak orang? Simak deh 4 hal di bawah ini, dijamin membuat kamu semakin tertarik dengan batik dari daerah pesisir ini.


 

1. Warna batik Pekalongan

Urusan warna, batik Pekalongan terkenal sangat berani memadukan berbagai warna. Selembar kain batik sangat kaya komposisi warna. Jangan heran kalau kamu bisa menemukan 8 macam warna dalam satu kain.
Hm, terkesan meriah? Justru di situ keunggulan batik Pekalongan. Kombinasi warna yang cukup berani membuat batik Pekalongan sangat cocok dijadikan busana untuk anak-anak, sampai dewasa.

2. Motif batik Pekalongan

Motif batik Pekalongan sangat khas daerah pesisir, yaitu ditemuinya gambar-gambar binatang dan tumbuhan laut. Selain itu, motifnya sangat dipengaruhi oleh budaya Demak yang kental akan nuansa Islam, dipadu dengan budaya yang dibawa oleh para pendatang ke daerah ini.
Banyaknya pedagang yang datang ke Pekalongan membuat pembatik bisa menerima berbagai motif dan warna. Ya, pembatik di daerah Pekalongan bersikap sangat welcome dengan pengaruh luar. Itu yang membuat perkembangan motif batik Pekalongan begitu dinamis.
Misalnya saja, banyaknya pendatang Cina bisa dilihat dari adanya motif burung Hong pada batik Pekalongan. Peristiwa politik seperti tritura atau diangkatnya Susilo Bambang Yudiyono sebagai presiden juga melahirkan motif baru pada batik Pekalongan
3. Sentra Perdagangan Batik Pekalongan
Tidak sulit untuk berburu batik di kota Pekalongan. Kota ini memang patut dijuluki sebagai kota batik. Di mana-mana, di setiap sudut kota, berderet toko yang menjual aneka batik Pekalongan.
Tapi jika ingin menuju pusat perdagangannya langsung agar lebih banyak pilihan, datang saja ke Pasar Grosir Setono. Pasar yang terletak di jalan utama kalur Pantura, yang berbatasan dengan kota Batang ini tak pernah sepi pengunjung. Para pelancong dari luar kota yang melintasi Pekalongan umumnya mampir ke pasar ini untuk berbelanja batik.
Ya, pasar grosir batik Setono memang menggoda. Dari jalan, terlihat jelas warna-warni batik Pekalongan melambai, seolah menyuruh pengguna jalan untuk mampir berbelanja.

Batik Pekalongan dan beberapa ciri khasnya

Batik pekalongan terkenal karena letaknya di pantai utara, menyebabkan motif dan desainnya banyak terpengaruh gaya batik pesisir. berikut beberapa gambaran motif motif menarik tersebut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar